Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belajar Membuat Database Dengan XAMPP

XAMPP Merupakan sebuah software web server apache yang didalamnya sudah tersedia database server mysql dan support php programming. XAMPP merupakan software yang mudah digunakan, gratis dan mendukung instalasi di Linux dan Windows. Keuntungan lainnya adalah cuma menginstal satu kali sudah tersedia Apache Web ServerMySQL Database Server, PHP Support (PHP 4 dan PHP 5) dan beberapa module lainnya. 

XAMPP merupakan tool yang menyediakan paket perangkat lunak ke dalam satu buah paket. Dengan menginstall XAMPP maka tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. XAMPP akan menginstalasi dan mengkonfigurasikannya secara otomatis untuk anda atau auto konfigurasi. 

Mungkin sekilas penjelasan tentang XAMPP, bagi yang sedang mendalami tentang "Pemrograman WEB" khususnya di PHP. Sekarang mari kita belajar membuat Database dengan menggunakan aplikasi XAMPP.

Ikuti langkah-langkah pembuatannya di bawah ini :

  • Langkah pertama yaitu pada komputer sobat sudah terinstal/terpasang Aplikasi XAMPP
  • Jika sudah terinstal dan terpasang pada Komputer, Maka komputer sobat sekarang sudah bisa dijadikan SERVER.
  • Untuk mengecek apakah tool yang ada dalam aplikasi XAMPP baik/tidak. Cek kembali dengan mengetik http://localhost/xampp pada browser, lalu cek Status. Seperti pada gambar di bawah ini :


  • Untuk Pembuatan database, ketikkan http://localhost/phpmyadmin/ pada Browser
  • Klik "Database" pada tab menu di atas, maka akan tampil kolom untuk pembuatan database
  • Misal : Isi nama database dengan nama "transaksi" (Note: Penamaan database bisa sesuai keinginan sobat) jika sudah klik tombol "Create"

  • Setelah selesai dalam pembuatan nama database, langkah selanjutnya yaitu pembuatan Tabel dalam database.
  • Misal : Isikan nama tabel dengan nama "t_transaksi" (Note: Penamaan tabel bisa sesuai keinginan sobat) dan masukkan jumlah field/coloums yang di butuhkan yaitu 5. Jika sudah selesai klik tombol "GO" untuk melanjutkan ke tahap pengisian field tabel.

  •  Langkah selanjutnya pengisian data field, isi pada bagian Name, Type, Length/Values, dan yang lainnya sesuai kebutuhan database sobat. Jangan lupa memberikan Primary Key pada field yang unik (Tidak ada yang sama) misal nya No ID, Kode dsb. Pada tabel ini yaitu kd_brg sebagai Primary Key-nya
  • Jika Sudah selesai Klik tombol "Save"

  • Berikut Hasil dari pembuatan database yang berisikan tabel dan field-field yang ada di dalam tabel database


Semoga artikel ini bisa membantu sobat semua dan bermanfaat bagi kita semua dalam proses pembelajaran serta pengetahuan :) :) ;)


Post a Comment for "Belajar Membuat Database Dengan XAMPP"