Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pemrograman Swing 2

Swing merupakan library java yang digunakan untuk menciptakan Graphic User Interface (GUI) yang berbasis cross platform atau OS independent. User Interface yang dibangun dengan Java Swing dapat dijalankan pada sistem operasi apa saja yang mendukung Java dengan tampilan yang relatif sama, bahkan dapat menyerupaiuser interface  Windows XP, Mac OS, atau Linux.

JComponent adalah kelas dasar (base class) untuk semua komponen swing seperti JLabel, JTextfield, JComboBox, JListBox, JPanel dan lain-lain kecuali kelas-kelas wadah (swing container class) level atas seperti JFrame, JDialog dan JApplet.
  • JRadioButton adalah komponen yang digunakan ketika pengguna perlu memilih satu diantara beberapa pilihan.
  • JComboBox juga merupakan komponen yang digunakan untuk memilih satu diantara sekian banyak pilihan yang berbentuk semacam TextField dan ada panah ke bawah.
  • JList adalah implementasi swing generic dari komponen list, Dalam mode pemilihan secara default, anda bisa memilih lebih dari satu dengan melakukan klik dangan mouse sementara menekan tombol modifier (shift untuk pemilihan tunggal atau secara batasan tertentu dan berkelanjutan, ctrl untuk pemilihan tanpa berkelanjutan). JList tidak menyediakan kemampuan untuk scroll, tetapi bisa di tambahkan viewport dari JScrollPane untuk mendukung scroll.

Pemrograman Swing 2

Untuk Contoh Programnya Bisa Download Disini



Sekian Dari Penulis,, Semoga Dapat Membantu dan menambah pengetahuan kita. :)



Post a Comment for "Pemrograman Swing 2"