Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Instalasi Camera Driver/Webcam


 Saya disini akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara "Instalasi Camera Driver/Webcam". nah sebelum ke caranya. . .lebih baik kita memahami terlebih dahulu, apa sih yang di sebut Camera driver dan apa fungsinya di dalam suatu komputer ????

Di dalam laptop sudah terpasang cameranya, tetapi untuk mengaktifkannya..kita harus menginstal "Driver"-nya terlebih dahulu. berikut pengertian webcam :

WebCam adalah kamera video sederhana berukuran relatif kecil. sering digunakan untuk konferensi video jarak jauh atau sebagai kamera pemantau. WebCam pada umumnya tidak membutuhkan kaset atau tempat penyimpanan data, data hasil perekaman yang didapat langsung ditransfer ke komputer. Gambar webcam Merk Creative :

Jenis-jenis webcam dibagi atas

  • Serial and Parallel port WebCam WebCam jenis ini sudah terlalu tua dan jarang ditemukan lagi, karena sudah tidak ada yang memproduksi. Selain itu, kamera jenis ini menghasilkan kualitas gambar yang rendah dan frame rate yang rendah pula.
  • USB WebCam -- WebCam jenis ini merupakan solusi bagi pengguna baru dan amatir. Mendukung fasilitas PnP ( Plug and Play ) dan dapat dihubungkan ke port USB tanpa harus mematikan komputer, tetapi syaratnya sistem operasi komputer harus mendukung fasilitas USB port. 

Okee,,,mari kita ikuti langkah-langkah di bawah ini, untuk  instalasi Camera driver/Webcam
Langkah-langkah Menginstal :

1.    Pertama Masukkan CD Driver terlebih dahulu dan secara otomatis akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Setelah itu pilih dan klik “Camera Driver”

2.    Lanjutkan dengan mengklik pilihan “Next”

3.    Di bawah ini tampilan saat proses InstallShield Wizard. Tunggu beberapa saat!

4.    Lajutkan dengan pilihan “Next”

5.    Setelah itu akan muncul sebuah tampilan yang berisi pertanyaan atau persetujuan, pilihlah yang “I accep the terms of the license agreement” setelah itu klik “Next”

6.    Untuk melanjutkan, berikut merupakan tampilan “Customer Information” dimana harus mengisi data yang di perlukan

7.    Lanjutkan dengan mengklik “Next”

8.    Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut, dimana proses penginstalan berlangsung dan harus menunggu beberapa saat hingga proses penginstalan selesai

9.    Setelah proses penginstalan selesai, secara otomatis akan muncul tampilan seprti berikut dan terdapat pilihan apakah ingin merestart atau tidak. Lalu pilih “Finish”

10.    Setelah semua proses selesai dengan berjalan lancar, maka coba buka aplikasi CrazyTalk Camsuite, berikut tampilan webcam saat berjalan dan Webcam pun siap di gunakan.

 


Gimana sobat, mudah kan....???? :)
selamat mencoba ya  :D ;)
Semoga postingan ini dapat membantu :)


Post a Comment for "Instalasi Camera Driver/Webcam"