Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat File PDF Anti Copy Dengan DoPDF

PDF Anti Copy
Kembali Lagi di Blog Acortz'08 Technology, Kali ini penulis akan memposting artikel tentang bagaimana cara mengunci atau membuat file PDF anti copy !!


Sebelumnya mungkin sudah banyak artikel tentang anti copy file PDF di posting di internet, tetapi penulis nggak ada salahnya apabila penulis memposting kembali artikel ini.  . mungkin saja masih ada yang belum tahu bagaimana caranya dan selain itu untuk mengingatkan kembali :D ;)


Kegunaan Anti copy ini bertujuan untuk menjaga keaslian file kita dan orang lain tidak bisa merubah atau mengedit kembali file kita. Misalnya, apabila kita ingin mengupload file PDF ke internet atau memberikan file PDF ke orang lain dan ingin menjaga keasliannya maka lakukan langkah di bawah untuk menjaga keaslian file kita.

Langsung saja sobat, sebelum melakukan langkah di bawah. . hal yang perlu di siapkan ialah sobat harus sudah menginstal Foxit Reader dan doFDF di komputer sobat.

Foxit Reader >> Download
DoPDF >> Download


Langkah-langkah :
  • Pada screensoot di bawah ini, merupakan file PDF yang masih bisa di COPY apabila sobat melakukan klik kanan pada area tertentu maka muncul pilihan dan pada pilihan terdapat "Copy" yang artinya file PDF tersebut masih bisa di Copy-Paste
  • Buka program/aplikasi Foxit Reader, kemudian klik File >> Open, dan pilih dan buka file PDFyang ingin dikunci
  • Kemudian pada Foxit Reader, pilih Print  atau bisa dengan CTRL+P. maka muncul tampilan seperti screensoot di bawah ini.
    Pada bagian Name (Nama Printer) pilih DoPDF v7 (yang di lingkari) dan setelah selesai pilih OK.
  • Setelah itu akan muncul jendela baru seperti screensoot dibawah ini,kemudian ganti nama file yang berbeda dengan nama file yang awal (yang di lingkari). Lalu OK dan tunggu proses hingga selesai.

  • Jika proses sudah selesai, coba sobat buka file PDF yang sudah terkunci. bisa di lihat pada screensoot di bawah. . sudah tidak bisa di block dan apabila di klik kanan sudah tidak ada lagi pilihan "Copy" yang artinya File PDF tidak bisa di Copy-Paste



Mungkin cukup sekian pembahasan tentang artikel Cara Membuat File PDF Anti Copy. mungkin ini bisa membantu sobat semua dan semoga bermanfaat untuk semua.


Terima Kasih ;)






1 comment for "Cara Membuat File PDF Anti Copy Dengan DoPDF"

  1. Wahhh.. triknya bagus gan (Y) ane suka sama trik agan..
    kunjungi balik ya gan ^_^
    My Blog : http://adf.ly/wOMMt

    ReplyDelete